Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

Teresa Teng, My Forever Idol

"Bunga yang indah, tak sering mekar, begitu pula cinta yang suci...." kutipan dari lirik lagu " Cinta Suci" by Teresa Teng.

Sedikit biografi tentang Teresa Teng:

Teresa Teng, 邓丽君,dibaca: Deng Li Jun, lahir di Yunlin, Taiwan. Pada tanggal 29 Januari 1953, mempunya 3 abang dan 1 adik laki-laki. Keluarga Teresa Teng bukanlah keluarga yang mampu, kehidupan mereka hanya sederhana saja.

Sejak kecil, Teresa Teng sangatlah suka menyanyi, dengar 2 kali saja ia sudah bisa hafal sebuah lagu. Pada umur 10 tahun, ia menang dalam lomba menyanyi. Pada umur 14 tahun, tepatnya tahun 1967, ia meriliskan album nyanyian yang pertama kali.

Tahun 1974, ke Jepang dan terpilih sebagai penyanyi baru Jepang. Beliau sangatlah pandai bisa menguasai 9 bahasa dan logat, yaitu Hokkien, Cantonese, Japanese, English, Chinese, Prancis, Indonesia, Shan Dong, dan Shanghai.

Tahun 1984-1986, Beliau Teresa mencetak rekor terlaris All Japan Cable Broadcasting Award sebanyak 3 kali, dan 3 kali diundang mengikuti Japan's biggest annuyal event of Red and White Contest, yaitu pada tahun 1985, 1986 dan 1991.

Selain menyanyi, Teresa Teng sering pula mengadakan konser amal maupun konser besar, Beliau tercatat sebagai wanita China pertama yang membuka konser di Istana Caeser, Las Vegas. Beliau menyanyi selama 27 tahun telah mengeluarkan 150 album dan ribuan lagu yang dalam bahasa Mandarin, Jepang, Indonesia, Inggris, Hokkien dan Kanton.

Teresa Teng meninggal di Chiang Mai, Thailand pada 8 Mei 1995, dengan umur 42 tahun karena asma. Telah 15 tahun Beliau meninggalkan kita, akan tetapi suara dan lagu-lagunya masih terbayang oleh kita seakan berada disisi kita.

sebuah pepatah:"Dimana ada orang Tionghua, disana ada suara Teresa Teng"

No comments:

Post a Comment

Please leave your comment...

Followers