Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

Pengolahan Limbah Rumah Tangga


-->
Limbah dapat diartikan sisa dari hasil kegiatan, sisa buangan, atau sering kita sebut sebagai sampah. Jadi limbah rumah tangga yaitu limbah yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga. Karena merupakan sampah maka perlulah dibuang.

Akan tetapi sisa-sisa kegiatan rumah tangga atau sampah ini kadang membuat pencemaran, pencemaran inilah yang membuat masalah, masalah terhadap lingkungan, dan makhluk yang disekitarnya. Dan kadang pencemaran ini membahayakan, karena limbah tersebut mengandung zat kimia, seperti sisa obat ataupun cairan aki

Contoh limbah rumah tangga, seperti kaleng-kaleng bekas, air sisa cucian, sisa makanan, kertas ataupun plastik-plastik.

Pengelohan limbahlah yang dapat mengatasi pencemaran limbah, bagaimana cara mengolahnya? Pertama kita harus mengetahui termasuk jenis apakah limbah itu. Menurut jenis limbah dibagi menjadi 2 macam, yaitu
  1. Limbah Organik (sampah basah yang mengandung unsur karbon sehingga mudah membusuk). Contohnya seperti kertas, daun-daun dan sisa makanan.
  2. Limbah Anorganik (sampah padat yang tidak mengandung unsur karbon sehingga tidak mudah busuk). Contohnya seperti logam, kaleng, botol, plastik, kaca.

Pada dasarnya mengolah limbah dapat dilakukan dengan 3 cara:
  1. Daur ulang, mendaur ulang dengan arti mengolah limbah menjadi produk yang baru. Barang-barang yang dapat diolah kembali seperti logam yaitu aluminium,dan kertas. Daur ulang dapat menurunkan penggunaan sumber daya alam yang baru.
  1. Penimbunan, penimbunan dapat dilakukan dimana saja, kan tetapi perlu mencari lokasi yang lebih cocok dan jauh dari wilayah tempat tinggal manusia agar jauh dari efek samping gas karbon.
  1. Pembakaran, nah ini yang paling mudah dilakukan, tapi akan menimbulkan polusi.

Selain itu dapat dilakukan dengan cara kreatif, yaitu mengolah menjadi produk cantik yang dihiasi pernak-pernik ataupun dicat. Seperti kertas dapat dibuat menjadi tas kertas, kaleng dapat dijadikan sebagai tempat pensil atau pena.

Cari Ide Kreatif mu ya.. Jagalah alam kita..

No comments:

Post a Comment

Please leave your comment...

Followers