Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

Tradisi Kue Bulan

Wah, ternyata saya sudah lama tidak update blog, dan sudah masuklah bulan September dan juga masuk ke bulan "kue bulan" yaitu bulan ke-8 dalam kalender cina, pasti kalian akan menemukan banyak yang jualan kue bulan, semakin hari semakin banyak rasa dan bentuk yang menarik perhatian orang.

kue bulan ini hanya ada pada bulan ke-8 dikalender cina, akan tetapi ada juga yang khusus membuat kue ini hanya untuk dijual, mengapa kue bulan ini hanya ada di bulan delapan, tenyata ada sedikit legenda, yaitu:
Dahulu kala, dunia ini ada sepuluh matahari, teriknya matahari di musim panas, membuat Sang Kaisar dan rakyatnya kesusahan. Karena itu, sang Kaisar lalu mencari seorang pemanah terbaik yang bernama Hou Yi, agar Houyi dapat memanah sembilan matahari dari sepuluh matahari dengan menggunakan panah saktinya.
Setelah Hou Yi berhasil memanah sembilan matahari, dan rakyat pun hidup dengan bahagia, atas jasa Hou Yi, sang Kaisar pun memberikan uang, emas sebagai tanda terima kasih. Dari uang tersebut, Hou Yi akhirnya menikahi seorang wanita cantik yang bernama Chang Er,

Setelah pernikahan selesai, Kaisar kembali memanggil Hou Yi untuk medekorasi Istana baru, karena selain sebagai pemanah Hou Yi juga seorang arsitek, karena dekorasi Hou Yi sangat indah akhirnya Sang Kaisar memutuskan memberikan sebuah botol yang berisi air keabadian dan mengingatkan agar berhati hati untuk tidak meminum seluruh isi botol, namun perlu dibagikan kepada sang istri yaitu Chang Er.

Setelah itu, Hou Yi berlari segera ke rumah untuk membagi hadiahnya bersama Chang Er. Chang Er begitu gembira, dan langsung meminum keseluruhan isi cairan keabadian. Setelah menelan cairan tersebut, tiba-tiba badan Chang Er menjadi sangat ringan dan ia mulai melayang ke langit, Hou Yi segera menarik istrinya namun tidak berhasil. 

Chang Er yang berusaha memegang barang yang dekat dengannya agar tidak terbang, dan akhirnya ia memegang kandang kelinci yang berisi kelinci putih dan ia pun terbang melayang ke bulan.

Mungkin ini merupakan sebuah legenda, namun menjadi salah satu tradisi Cina yang penting dan masih dirayakan hingga kini.


No comments:

Post a Comment

Please leave your comment...

Followers