Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

Sungai Terpanjang Didunia

Kalau kebayang sungai, pasti dalam pikiran kepikir sungai berada dihutan, dengan air yang mengalir dari gunung, dan airnya jernih. Nah, berikut ini adalah beberapa sungai terpanjang didunia.

1. Sungai Nil
Sungai ChangJiang
Sungai Nil berada di Afrika, dengan panjang 6.650 km, sungai ini melewati sembilan negara yaitu: Ethiopia, Kenya, Mesir, Zaire, Uganda, Tanzania, Rwanda, Sudan dan Burundi. Didaerah yang tandus, kehadiran sungai ini membuat tanah yang subur disekitar sungai. Sehingga sungai ini meningkatkan ekonomi beberapa negara dibidang pertanian, salah satunya yaitu Mesir.


2. Sungai Amazon
Sungai Amazon yang berada di Amerika Selatan, yang merupakan sungai terpanjang kedua setelah sungai Nil dengan panjang 6.400 km, dan juga merupakan sungai yang memiliki aliran terbesar dibandingkan sungai lainnya. Di Sungai Amazon maupun hutannya sendiri terdapat binatang binatang yang hanya bisa dijumpai disana, atau satwa langka.


3. Sungai YangZi/ ChangJiang
Sungai ini terdapat di Cina, dengan panjang 6.397 km, dan merupakan sungai terpanjang ketiga di dunia, sungai terpanjang pertama di Cina ataupun di Asia.


Sungai Terpanjang di Indonesia adalah sungai Kapuas yang berada di Kalimantan Barat dengan panjang 1.143 km. Terdapat sekitar 300 jenis ikan disana, yang merupakan salah satu  sumber mata pencaharian di sekitar sungai bagi para penangkapan ikan.

1 comment:

Please leave your comment...

Followers