Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

5 Hewan Khas Indonesia

Negara Tirai Bambu memiliki panda sebagai hewan khas negara itu, Afrika memiliki singa dan jerapah sebagai hewan khas, dan Indonesia memiliki hewan apa yang menjadi hewan khas Indonesia?

1. Cenderawasih
Burung Cenderawasih merupakan burung famili Paradisaea, dapat ditemukan di Indonesia Timur khususnya Papua. Burung ini sangat terkenal akan kecantikan bulunya yang dimiliki oleh burung cenderawasih jantan. Selain bulu yang cantik, burung cendrawasih jantan sering melakukan gerakan-gerakan menarik seperti tarian untuk menarik perhatian burung cendrawasih betina saat musim kawin. Karena jumlah populasi burung ini semakin berkurang, burung cenderawasih merupakan salah satu burung yang dilindungi.

2. Orangutan
Orangutan yang juga dipanggil Mawas, merupakan salah satu jenis kera dengan bulu yang berwarna merah kecoklatan. Orangutan dapat ditemukan di pulau Kalimantan dan Sumatera. Orangutan memiliki tinggi sekitar 1,2 meter sampai 1,5 meter, dan merupakan hewan mamalia. Karena pembakaran hutan yang besar, populasi orangutan semakin lama semakin berkurang, sehingga orangutan menjadi satwa yang dilindungi.


3. Komodo
Komodo dapat ditemukan di Pulau Komodo, Flores termasuk spesies kadal terbesar di dunia. Komodo memiliki panjang rata-rata 2-3 meter. Komodo merupakan hewan karnivora yang memakan daging bangkai. Komodo termasuk hewan yang bahaya karena gigitan nya yang berbisa.

4. Badak
Badak dapat ditemukan di Pulau Jawa. Badak memiliki ciri-ciri seperti bercula satu ataupun dua, dengan berat badan bisa mencapai 1 ton, dan memiliki kulit yang tebal hingga mencapai 5 cm. Badak merupakan hewan herbivora namun juga dikenall bahaya, karena sering menyerang manusia. Jumlah populasi badak menurun akibat pemburuan illegal, sehingga badak merupakan hewan dilindungi.


5. Bekantan
Bekantan yang juga disebut monyet belanda merupakan salah satu jenis monyet, namun memiliki keunikan yaitu memiliki hidung yang besar dan panjang. Dengan bulu yang berwarna coklat kemerahan, bekantan dapat ditemukan di pulau Kalimantan. Bekantan juga termasuk hewan yang hampir punah, sehingga dilindungi.


Catatan:
Lindungi satwa-satwa dengan tidak memburu dan membakar hutan.

foto:google.com 

No comments:

Post a Comment

Please leave your comment...

Followers