Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

6 Istana Kepresidenan Indonesia

Tahukah Anda? Indonesia memiliki 6 istana kepresidenan, yaitu:

1. Istana Merdeka, Jakarta

Istana Merdeka ini merupakan tempat kediaman sekaligus kantor Presiden Indonesia yang terletak satu kompleks dengan Istana Negara yaitu terletak di Jalan Medan Merdeka Utara yang menghadap Monumen Nasional. Luas Istana ini sekitar 2400 meter persegi, yang awalnya bernama Istana Gambir. Istana ini dibangun pada tahun 1873 pada masa pemerintahan HindiaBelanda.
  
2. Istana Negara, Jakarta


Istana ini terletak satu kompleks dengan Istana Merdeka yaitu di Jalan Medan Merdeka Utara, dibangun pertama kali pada tahun 1796, dan selesai pada tahun 1804, kemudian terjadi perubahan pada Istana ini pada tahun 1848, yaitu dengan pembongkaran lantai dua dan perluasan bagian lantai bawah.

 
3. Istana Bogor, Bogor

Istana Bogor yang terletak di Bogor ini banyak dikenal karena kita dapat menemui rusa-rusa yang didatangkan langsung dari Nepal. Istana Bogor dibangun pertama kali pada tahun 1744, namun terjadi kerusakan pada tahun 1834 akibat dari gempa bumi letusnya Gunung Salak, Istana Bogor dibangun kembali pada 1850.

 
4. Istana Cipanas, Cipanas

Istana Cipanas ini terletak di kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur atau di kaki Gunung Gede, Jawa Barat, dibangun pertama pada tahun 1740. Selain memiliki tanam hias, kebun sayur, kompleks Istana ini juga memiliki sumber air panas yang mengandung barelang.


5. Istana Gedung Agung, Yogyakarta

Istana Gedung Agung atau Istana Yogyakarta dibangun pertama kali pada tahun 1824, namun pembangunan ditunda karena adanya Perang Diponegoro, dan dilanjutkan setelah itu dan selesai bangun pada tahun 1832. Karena gempa bumi yang terjadi pada tahun 1867 yang mengakitbatkan istana ini ambruk, akhirnya dibangun kembali dan selesai pada tahun 1869. Istana ini pernah menjadisebagai kediaman Presiden Soekarno pada tahun 1946, namun karena terjadi serangan dari tentara Belanda, akhirnya Presiden Soekarno berpindah ke Jakarta pada Desember 1949.


6. Istana Tampaksiring, Bali

Istana ini lain dari kelima Istana diatas, karena istana-istana diatas dibangun pada pemerintahan Belanda. Istana Tampaksiring yang terletak di Bali ini dibangun oleh Presiden Soekarno pada tahun 1957 dan selesai pada tahun 1963.

foto: google.com



No comments:

Post a Comment

Please leave your comment...

Followers