Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

Perayaan dan Tradisi Imlek

Wah.. Imlek dah mao sampai, pasti banyak yang lagi cari pakaian baru, dan ada juga yang lagi mencari manisan untuk Hari Raya Imlek, tahu gak cerita perayaan Imlek???
Menurut legenda, Tahun Baru dalam Cina yaitu "Nian" yang merupakan nama seorang Raksasa. Nian digambarkan mempunyai mulut yang besar dan taring yang tajam, yang setiap tahun menggangu manusia dan memakannya. Tentu saja manusia pada waktu itu sangat takut pada raksasa Nian ini.

Pada satu hari di tahun baru, pada saat Nian datang terjadi kebakaran di kebun buluh. Buluh-buluh yang terbakar itu meletup dan mengeluarkan bunyi seperti mercun. Dengan suara keras itu ternyata Nian malah takut dan pergi menjauh. Mulai saat itu, orang-orang tua juga telah berpesan agar orang-orang kampung menggantungkan kertas berwarna merah di pintu-pintu dan memainkan mercun pada setiap waktu menjelangnya tahun baru, untuk mencegah datangnya Nian. Dan dipercayai bahwa warna merah sangat ditakuti Nian.

Begitulah legenda yang dipercayai oleh masyarakat Cina. Jadi tradisi-tradisi itu tetap dilaksanakan setiap tahun baru kalender cina yaitu Imlek sampai sekarang. Yaitu main mercun, barongsai, dan pasang kertas warna merah.

Sambung Bagian II ya...


No comments:

Post a Comment

Please leave your comment...

Followers