Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

Sukses dalam Kuliah

Zaman sekarang ini banyak sekali mahasiswa yang stress dan bermasalah didalam perkuliahan, termasuk saya sendiri. Masalah waktu, materi dan kehidupan dikelas yang masih asing diterimanya. Untuk itu saya akan berikan sedikit tips agar tidak stress dalam masalah kuliah. 

  1. Mengatur Waktu, susunlah waktu sehingga tidak ada bentrokkan dengan jadwal lain. Dalam kuliah kita perlu pandai-pandai menghitung waktu, ada waktu untuk berorganisasi, kerjakan tugas, dan belajar. Sebaiknya kurangkan waktu bermain.
  2. Catat dan Dengar, catatlah kunci-kunci penting atau catatan yang disampaikan oleh dosen, tentu saja perlu mendengar dengan jelas apa  yang disampaikan sehingga tidak terjadi kesalahan informasi.
  3. Kerjakan Tugas, tugas merupakan salah satu penilaian kita, yang bisa saja membantuk nilai IP dan juga menilai apakah kita sudah mengerti materi yang telah diajarkan.
  4. Bertanya dan Berdiskusi, saat dikelas perkuliahan, kita seharusnya aktif dalam bertanya jika tidak mengerti, dan berdiskusilah  dengan teman jika ada masalah pada materi mata kuliah.
  5. Baca dan Mengerti, baca dan mengerti yang saya maksudkan bukan pada buku, akan tetapi pada dosennya. Dalam beberapa mata kuliah tentu saja kita menghadapi dosen yang berbeda, tentu saja dengan sifat yang beda, ikutilah tata tertib dosen tersebut.
  6. Baca dan Pahami, nah yang ini maksudnya kita harus membaca dan pahami materi sebelum kuliah itu dimulai, dan bertanya kepada dosen bila tidak mengerti.
  7. Jaga Kesehatan, jaga kesehatan yang baik, dari segi makanan, olahraga dan lain-lain.
Mungkin cuman itu saja, sebenarnya menyesuaikan kita diperkuliahan adalah kita diri sendiri, mau atau tidaknya niat yang menentukan hal ini. Jadi, bersemangatlah jika ingin memetik hasil yang baik. Seperti bibit apa yang kita tanam, yang dipetik adalah buahnya.

1 comment:

  1. Thanks udah bagi2 tips. Mari berjuang sebagai sesama Mahasiswa! cheers.

    ReplyDelete

Please leave your comment...

Followers